ALUMNI

  1. Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Beberapa faktor penting yang berkaitan dengan pelaksanaan tracer study program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di antaranya:

  1. Organisasi pelacakan lulusan secara formal dan struktural di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dilakukan secara terpusat, terdokumentasi, dan reguler dalam sistem. Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY dan pelaksanaannya (organisator) ditangani langsung oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNY. Panduan Sistem Tracer Study Online DIKTI menjadi dasar kegiatan pelacakan kelulusan yang diselenggarakan oleh UNY. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Kriya memanfaatkannya untuk kepentingan pelacakan lulusan dan mengetahui kepuasan pengguna lulusan sekaligus sebagai data dasar untuk evaluasi lulusan tiap tahun. Pelacakan lulusan ini dikumpulkan melalui sistem http://tracer.uny.ac.id/.
  1. Kegiatan pelacakan lulusan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan sekali selama satu tahun akademik. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi lulusan yang dihasilkan dengan data paling update setiap tahun di tingkat PT, UPPS, dan PS. Data tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dan tindak lanjut PS untuk menyusun kurikulum maupun kebijakan terbaru agar lebih baik kedepannya.
  2. Instrumen yang digunakan untuk melaksanakan tracer study ini berdasarkan aspek- aspek yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek melalui laman http://tracer.uny.ac.id/. Instrumen tersebut memuat beberapa poin di antaranya
    1. identitas lulusan yang mencakup nama, alamat, nomor ponsel, dan alamat surel;
    2. pekerjaan yang mencakup jenis pekerjaan, jabatan, nama instansi, dan alamat instansi; (c) masa tunggu pekerjaan pertama pasca-penerimaan ijazah; (d) kesesuaian bidang kerja dengan keahlian atau kompetensi; (e) penilaian dari pengguna lulusan mencakup berbagai kategori, yakni etika, kinerja terkait kompetensi utama, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan penggunaan TI, dan upaya untuk pengembangan diri.
  3. Sasaran tracer study ini adalah semua lulusan di perguruan tinggi dan pelaksanaannya rutin setiap tahun. Total lulusan yang dilacak pada tahun 2021 dan mengisi angket tracer study ini memiliki rata-rata mencapai angka 85,56%.
  4. Adanya pelaksanaan tracer study dapat digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan Lembaga, dari strategi dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan profil lulusan saat ini, menciptakan koneksi dengan para alumni dan penggunanya, dan dapat memperbaiki kurikulum PS berbasis evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

 

Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

 

Tahun Lulus

 

Jumlah Lulusan

 

Jumlah        Lulusan yang Terlacak

Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

WT     <    3

Bulan

3 ≤ WT < 6

Bulan

6 ≤ WT < 12

Bulan

WT    ≥    12

Bulan

1

2

3

4

5

 

6

TS-4

48

40

2

36

2

0

TS-3

84

71

2

65

3

1

TS-2

62

55

3

49

3

0

 

        1. Tingkat Relevansi Pekerjaan Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan

Tahu n Lulus

Juml ah Lulus

an

Jumlah       Lulusan yang

Terlacak

Jumlah Lulusan Terlacak dengan Tingkat Relevansi

Bidang Kerja

Tinggi

Sedang

Rendah

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

TS-4

48

40

34

4

2

TS-3

84

71

66

4

1

TS-2

62

55

43

9

3

 

 

 

 

 

        1. Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan

Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan

 

No

.

 

Jenis Kemampua n

Tingkat                     Kepuasan

Pengguna (%)

Rencana Tindak Lanjut oleh PS dan/atau UPPS

Sangat

Baik

Bai

k

Cuk

up

Kura

ng

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Etika berperilaku

83.33

16.

67

0

0

Memberikan beberapa penjelasan etika dalam infografik mbaik secara

online maupun offline.

2

Kinerja yang terkait dengan kompetensi utama

88.9

11.

1

0

0

Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengembangan prodi, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat untuk menambah pengalaman sesuai

bidang ilmu.

3

Kemampuan bekerja dalam tim

94.4

5.6

0

0

Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengembangan prodi, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat untuk menambah pengalaman sesuai

bidang ilmu.

4

Kemampuan berkomunika si

77.8

22.

2

0

0

UPPS dan PS menyediakan ruang komunikasi, baik online, offline untuk mengembangkan komunikasi

mahasiswa.

5

Kemampuan berbahasa Inggris

83.3

11.

1

0

0

UPPS menyarankan dosen PS dalam penggunaan jurnal & buku acuan berbahasa Inggris sebagai wujud peningkatkan kemampuan

berbahasa asing.

6

Kemampuan penggunaan teknologi

informasi

94.4

5.6

0

0

UPPS dan PS mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi informasi Salah satunya penggunaan Besmart.

7

Upaya pengembang an diri

94.4

5.6

0

0

Memfasilitasi calon lulusan dalam kegiatan magang di setiap mata kuliah praktik sebagai sarana untuk

pengembangan diri.