Kurikulum Prodi Pendidikan Kriya

Kurikulum PS

Program Studi Pendidikan Kriya menerapkan kurikulum MBKM dengan melakukan evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya (kurikulum KKNI). Pemutahiran kurikulum MBKM dilaksanakan pada tahun 2020 dimulai dengan kegiatan sosialisasi oleh Fakultas Bahasa dan Seni, dan kegiatan berikutnya adalah dengan pembentukan tim kurikulum di tingkat prodi dan dipantau oleh FBS.

Pemutahiran kurikulum melibatkan berbagai pihak baik dari pihak internal yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pimpinan, dan lembaga yang terkait di UNY, maupun pihak eksternal yang terdiri dari tim ahli, alumni, praktisi, stakeholder dan diskusi FGD assosiasi prodi Pendidikan Kriya dari perguruan tinggi lain di Indonesia. Landasan pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Kriya berdasarkan pada visi, misi, dan tujuan UNY, Fakultas, dan mengacu pada kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Aspek-aspek yang dimuat dalam kurikulum Prodi Pendidikan Kriya adalah sebagai berikut.

  1. Visi misi dan tujuan Prodi. Visi Keilmuan Program Studi

Prodi Pendidikan Kriya mengembangkan bidang kriya (kriya kayu, kriya keramik, kriya kulit, kriya logam, kriya tekstil, batik) dan pembelajarannya berbasis budaya Indonesia.

Tujuan Program Studi

Berdasarkan rumusan Visi keilmuan tersebut, pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Kriya FBS UNY diarahkan pada pencapaian tujuan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi akademis dan profesional di bidang kriya (kriya kayu, kriya keramik, kriya kulit, kriya logam, kriya tekstil, batik) dan pendidikan kriya yang berbasis kearifan budaya Indonesia.
  2. Menghasilkan penelitian-penelitian yang kreatif dan inovatif untuk memecahan masalah-masalah kriya di masyarakat dan Pendidikan kriya serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang kehidupan yang terkait dengan bidang kriya dan pendidikan kriya.
  4. Mewujudkan sistem tata kelola program studi yang efisien, efektif, dan akuntabel untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan kinerja kelembagaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Menyelenggarakan kerjasama di bidang ilmu dan pendidikan kriya dengan lembaga lain baik di dalam maupun di luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
  6. Mewujudkan kontribusi pada tingkat regional dan internasional pada kegiatan pendidikan, penelitian, pengambian dan kerjasama di bidang kriya dan pembelajarannya.

UNY mengembangkan bidang kependidikan, sedangkan FBS mengembangkan bidang pendidikan bahasa dan seni, Prodi Pendidikan kriya mengembangkan bidang kriya (kriya kayu, kriya keramik, kriya kulit, kriya logam, kriya tekstil, batik) dan pembelajarannya berbasis kearifan budaya Indonesia.

  1. Profil lulusan yang dirumuskan prodi

Pendidik Kriya

  1. Sebagai calon pendidik kriya yang berkualitas mampu mengembangkan pembelajaran kriya di sekolah menengah kejuruan dan sekolah umum dengan memanfaatkan teknologi komunikasi melalui daring dan tatap muka.
  2. Sebagai calon pendidik kriya yang memiliki kemampuan sebagai peneliti kriya dalam rangka pengembangan dan pelestarian kriya nusantara di masyarakat.
  3. Sebagai calon pendidikd yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan di bidang kriya kepada masyarakat.

Tenaga Peneliti di Bidang Kriya

  1. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang memiliki kemampuan menggali kriya masa lalu dan kini melalui penelitian sebagai dasar pelestarian dan pengembangan penciptaan kriya.
  2. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang memiliki kemampuan mengembangkan konsep-konsep kriya, inovasi desain kriya melalui penelitian di masyarakat.

Kriyawan

    1. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang memiliki kemampuan mewujudkan kriya kembali sebagai konsep pelestarian, pengembang, serta penciptaan kriya baru (kreatif inovatif).
    2. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang mampu memanfaatkan teknologi produksi guna pengembangan kriya di masa depan serta mampu mengelola kewirausahaan kriya.

Tabel 6.1.2.1 .1. CPL

No

Parameter

Capaian Belajar

1.

Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • berperan sebagai warga negara yang bangga dan cita tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanghgungjawab pada negara dan bangsa;
  • menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  • bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • menginternalisasi      semangat      kemandirian,      kejuangan,      dan kewirausahaan;
  • menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • mempunyai kelulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
  • menghargai dan memiliki kepekaan terhadap keberadaan karya- karya kriya adhiluhung yang tumbuh di masyarakat;
  • menghargai dan menunjukkan sikap bertanggungjawab terhadap karya-karya kriya unggulan tiap daerah.

2

Penguasaan Pengetahuan

  • menguasai konsep teoritis tentang pedagogik kriya;
  • menguasai     prinsip     psikologi     perkembangan     dan     psikologi pendidikan kriya;
  • menguasasi      konsep     dan     teknik     pengembangan     program pembelajaran, penyajian, pengelolaan, dan evaluasi kriya;
  • menguasai secara teori tentang sejarah kriya;

 

 

  • menguasai secara teori praktik (proses) pembuatan kriya;
  • menguasai secara teori praktik (proses) pembuatan desain kriya;
  • menguasai secara teori penciptaan kriya dengan berbagai keteknikan dan bahan baku (kayu, keramik, kulit, logam, batik, dan tekstil).

3

Keterampilan Khusus

  • mampu secara lisan dan tertulis memaparkan konsep penciptaan kriya dalam konteks keseharian, akademis, dan dalam diskusi ilmiah secara umum;
  • mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran baru (inovatif) sesuai dengan perkembangan jaman;
  • mampu menghasilkan desain (prototife) kriya yang kreatif;
  • mampu melakukan analisis (kajian), pendalaman, dan praktek pembuatan kriya tradisional dan modern;
  • mampu memelihara dan menjalin kerjasama dengan steakholder dan dunia usaha dunia industri (dudi).

4

Keterampilan Umum

  • mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang pendidikan kriya;
  • mampu mengembangkan model-model pembelajaran kriya yang inovatif dan produktif;
  • menyelesaikan         masalah-masalah          pengembangan         ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan kajian dan kesahian;
  • mengembangkan jaringan kerja sama dengan masyarakat, dudi, baik secara nasional maupun internasional.
        1. Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran

Tabel 6.1.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran

 

 

No.

 

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Jenis Mata Kuliah*

Jumlah sks

Unit Penyelenggara*

Kesesuaia n dengan

CPL*

Perangkat Pembelajaran

*

Teori

Praktikum

Praktik

PT

UPPS

PS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

Semester 1

1

MKU6208

Pancasila

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

2

MKU6209

Bahasa Indonesia

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

3

MKU6211

Bahasa Inggris

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

4

SSK6201

Kurikulum dan Pembelajaran

Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

5

SSK6205

Sejarah Seni Rupa Indonesia

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

6

SSK6206

Tinjauan Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

7

SSK6207

Proyeksi dan Perspektif

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

8

SSK6208

Nirmana

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

9

SSK6209

Gambar Bentuk

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

10

SSK6210

Gambar Ornamen

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

11

SSK6211

Komputer Desain

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 2

1

MKU6201

Pend. Agama Islam*

✔️

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

✔️

 

 

 

✔️

 

 

✔️

MKU6202

Pend. Agama Katholik*

✔️

MKU6203

Pend. Agama Kristen Protestan*

✔️

MKU6204

Pendidikan Agama Hindu*

✔️

MKU6205

Pendidikan Agama Budha*

✔️

MKU6206

Pendidikan Agama Kong Hu Chu*

✔️

 

 

 

 

 

 

 

No.

 

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Jenis Mata Kuliah*

Jumlah sks

Unit Penyelenggara*

Kesesuaia n dengan

CPL*

Perangkat Pembelajaran

*

Teori

Praktikum

Praktik

PT

UPPS

PS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

2

MKU6207

Pendidikan Kewarganegaraan (SSKn)

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

3

MKU6212

Transformasi Digital

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

4

MDK6201

Ilmu Pendidikan

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

5

FBS6201

Apresiasi Budaya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

6

SSK6202

Strategi Pembelajaran Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

7

SSK6212

Estetika

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

8

SSK6317

Kriya Batik Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

9

SSK6318

Kriya Tekstil Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

10

SSK6319

Kriya Kulit Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 3

1

MDK6203

Manajemen Pendidikan

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

2

MDK6204

Sosio-Antropologi Pendidikan

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

3

SSK6203

Media Pembelajaran Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

4

SSK6204

Penilaian Pembelajaran Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

5

SSK6213

Ergonomi Kriya

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

6

SSK6214

Desain Produk Kriya

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

7

SSK6215

Packaging Kriya

 

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

8

SSK6320

Kriya Kayu Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

9

SSK6321

Kriya Keramik Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

 

SSK6322

Kriya Logam Tradisional

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 4

1

MKU6210

Statistika

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

2

MKU6215

Kebugaran Jasmani*

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

3

MKU621

Literasi Sains dan Teknologi*

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

 

 

 

 

 

 

 

No.

 

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Jenis Mata Kuliah*

Jumlah sks

Unit Penyelenggara*

Kesesuaia n dengan

CPL*

Perangkat Pembelajaran

*

Teori

Praktikum

Praktik

PT

UPPS

PS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

4

MKU6218

Pendidikan Inklusi*

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

5

MDK6202

Psikologi Pendidikan

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

6

SSK6316

Desain Produk Inovasi

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

7

SSK6326

Kriya Kayu Pengembangan

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

8

SSK6327

Kriya Keramik Pengembangan

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

9

SSK6328

Kriya Logam Pengembangan

 

✔️

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

10

 

SSK632

Metodologi Penelitian Pendidikan Kriya

✔️

✔️

 

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

11

SSK6230

Metodologi Desain Kriya

✔️

✔️

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 5

 

1

MKU6213

Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan

✔️

 

 

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

2

SSK6323

Kriya Batik Pengembangan

 

✔️

 

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

3

SSK6324

Kriya Tekstil Pengembangan

 

✔️

 

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

4

SSK6325

Kriya Kulit Pengembangan

 

✔️

 

 

3

 

 

✔️

✔️

✔️

5

SSK6230

Seminar

 

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

6

PEN6201

Pembelajaran Mikro

 

✔️

 

 

2

 

 

✔️

✔️

✔️

7

 

Luar Prodi Dalam UNY

 

✔️

 

 

8

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 6

  

 

No.

 

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Jenis Mata Kuliah*

Jumlah sks

Unit Penyelenggara*

Kesesuaia n dengan

CPL*

Perangkat Pembelajaran

*

Teori

Praktikum

Praktik

PT

UPPS

PS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

 

1

SSK6431

 

Kriya Batik Kreasi**

 

 

✔️

 

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

2

SSK6432

Kriya Tekstil Kreasi **

 

 

✔️

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

3

SSK6433

Kriya Kulit Kreasi**

 

 

✔️

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

4

 

SSK6434

Kriya Kayu Kreasi **

 

 

✔️

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

5

 

SSK6435

Kriya Keramik Kreasi **

 

 

✔️

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

6

SSK6436

Kriya Logam Kreasi **

 

 

✔️

 

4

 

 

✔️

✔️

✔️

7

 

Luar Prodi Luar UNY

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

Semester 7

 

MKL6601

Praktek Kependidikan (SSK)

 

 

✔️

6

 

 

✔️

✔️

✔️

 

MKL6602

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

 

 

✔️

6

 

 

✔️

✔️

✔️

Semester 8

 

TAM6801

Tugas Akhir Skripsi (TAS) **

 

 

✔️

8

 

 

✔️

✔️

✔️

 

TAM6802

Tugas Akhir Karya Seni (TAKS) **

 

 

✔️

8

 

 

✔️

✔️

✔️

Total sks

188